Desa Sendang Gelar Pembinaan Desa Cantik Dari BPS

| 12 Oktober 2024 10:44:28 | Berita Desa | 24 Kali

Sendang - Desa Sendang mendapatkan pembinaan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) oleh Tim dari BPS Kabupaten Rembang pada hari Jum'at tanggal 11 Oktober 2024.

Tujuan program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) dari Badan Pusat Statistik (BPS) adalah untuk meningkatkan literasi dan kesadaran masyarakat dan perangkat desa/kelurahan dalam penyelenggaraan kegiatan statistik. Program ini juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas aparatur desa dalam mengelola dan memanfaatkan data desa sehingga perencanaan pembangunan desa dapat tepat sasaran.  

Kepala Desa Sendang 'Komariyah' dalam sambutannya, "Dalam pengambilan keputusan atau kebijakan dibutuhkan data yang baik dan benar. Pembinaan Desa Cantik ini dapat meningkatkan pengolahan data dan penyajian data yang baik yang ada di Desa Sendang. Perangkat Desa Sendang diharapkan mampu menyerap ilmu yang dipaparkan dari Pembina BPS Kabupaten Rembang.

Nanda selaku Pembina dari BPS memaparkan, "Desa diibaratkan seperti bangunan rumah. Membangun rumah harus pondasinya yang kuat dan kokoh, konsep dan metodologinya secara data yang benar. Soko atau tiangnya adalah sumber daya manusia dari aparatur pemerintah desa. Atapnya adalah program-program strategis yang berasal dari pemerintah di atasnya, baik pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat."

Dapat disimpulkan bahwa dalam membangun rumah Pemerintah Desa Sendang diperlukan penataan data atau administrasi yang baik.

"Menata data secara riil sesuai dengan keadaan sebenarnya demi terwujudnya Satu Data Indonesia", ucap Khairul Anwar selaku Koordinator Pembina Desa Cantik.

Selanjutnya Perangkat Desa selaku agen Desa Cantik diajari dan dibekali pengetahuan tentang pengolahan dan pengelolaan data di tingkat desa yang dibutuhkan. Untuk pertama yang ditata adalah data kependudukan yang ada di desa.

 

(sistem informasi desa / Maskuri)

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Desa Sendang Kec. Kragan Kab. Rembang
Desa : Sendang
Kecamatan : Kragan
Kabupaten : KRAGAN
Kodepos : 59273
Telepon :
Email : [email protected]

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung