PAMSIMAS "TIRTO WENING" DESA SENDANG MEMBANTU WARGA ATASI PASOKAN AIR BERSIH DIMUSIM KEMARAU INI

| 04 Oktober 2023 13:28:39 | Berita Desa | 270 Kali

Sendang, Sistem Informasi Desa - Fenomena El nino menyebabkan kemarau panjang yang membawa dampak kekeringan di wilayah Kabupaten Rembang. Banyak sumber mata air yang menyusut dan mengering sehingga banyak warga membutuhkan air bersih. Banyak desa di Kabupaten Rembang meminta bantuan droping air bersih kepada BPBD Kabupaten Rembang. Setiap pekan, BPBD harus mengirimkan empat tangki ke desa-desa tersebut secara bergiliran.

Desa Sendang yang termasuk wilayah Kabupaten Rembang bagian timur, alhamdulillah dapat mengatasi kemarau panjang ini dengan mengandalkan perairan dari PAMSIMAS "Tirto Wening" milik desa. 

Kepala Desa Sendang Komariyah mengatakan kondisi sumber-sumber air di Desa Sendang masih aman dan lancar. Sejauh ini,  pengairan untuk pertanian yang sangat kurang. "Karena pertanian di sini tadah hujan," imbuhnya.

Ibu Kepala Desa Sendang menjelaskan, untuk tahun ini dalam APBDes Perubahan telah menganggarkan untuk peningkatan bak/tandon air penampungan PAMSIMAS. Ini dilakukan guna antisipasi kekeringan di musim kemarau dan menjaga pasokan air bersih ke rumah-rumah warga. Sesuai 5 pilar STBM yang salah satunya adalah pengelolaan air bersih keluarga, Kepala Desa Sendang berupaya agar warganya mendapatkan air bersih yang layak untuk kebutuhan sehari-hari.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kata Maskuri Sekretaris Desa Sendang, kemarau tahun ini diprediksi sampai dengan bulan Oktober.

 

#sid_sendang

#sendang_sakjose

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Desa Sendang Kec. Kragan Kab. Rembang
Desa : Sendang
Kecamatan : Kragan
Kabupaten : KRAGAN
Kodepos : 59273
Telepon :
Email : [email protected]

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung